Pengertian OSI ( Open Sytem Interconnection )

2.2.09 endahrika 0 Comments

OSI adalah desain bentuk lapisan jaringan dan protokol jaringan yang di keluarkan oleh ISO ( International Standard Organization ) dan masuk dalam standar de jure. OSI terbagi dalam 7 lapisan, berikut ini akan diurutkan mulai dari hal yang paling umum atau yang memang biasa digunakan.

a. Application Layer (Layer 7, Lapisan aplikasi)
Didalam sebuah jaringan komputer, berfungsi menyediakan sarana-sarana pelayanan unik ke end user pada jaringan komputer dan mengadakan komunikasi dari program ke program. Misalnya : E-mail,Browsing, FTP,Virtual terminal dan akses ke database.
b. Presentation Layer (Layer 6, Lapisan presentasi)
Fungsinya menyediakan sarana untuk konversi,format,kompresi dan enkripsi data. Misalnya : MIDI,JPEG,PNG,ASCII,EBCDIC,Quicktime dan MKV.
c. Session Layer (Layer 5, Lapisan sesi)
Fungsinya membuka, mengatur dan menutup suatu session antara aplikasi. SQL, X-Windows, NFS dan ASP adalah protokol yang berfungsi di lapisan ini.
d. Transport Layer (Layer 4, Lapisan transpor)
Fungsinya bertanggung jawab pada keutuhan transmisi data ketika flow control, error recovery, sequencing dan acknowledgement terjadi. Lapisan ini memisahkan lapisan tingkat atas (Application, presentation dan session) dengan lapisan tingkat bawah. Pada lapisan ini data di ubah menjadi segmen atau data stream.
e. Network Layer (Layer 3, Lapisan jaringan)
Dalam proses routing berfungsi untuk meneruskan paket-paket dari satu node ke node lain dan memilih jalur yang terbaik untuk meneruskan paket di jaringan komputer. Pada lapisan ini segmen-segmen di ubah menjadi paket-paket dengan menambah informasi tentang IP address yang akan dituju. Router bekerja pada lapisan network.
f . Datalink Layer (Layer 2, Lapisan koneksi data)
Fungsinya mengatur topology jaringan error notification,framing dan flow control. Switch dan brigde adalah peralatan jaringan komputer yang bekerja di lapisan ini. Lapisan ini mengubah paket-paket menjadi frame dan menambahkan informasi tentang alamat hardware / MAC Address yang dituju serta alamat asal.
g. Physical Layer (Layer 1, Lapisan fisik)
Fungsinya mengaktifkan dan mengatur physical interface jaringan komputer. Di lapisan ini, hubungan antara interface-interface di atur seperti hubungan antara DTE dan DCE. Misal : V.35,10BaseT,100BaseTX,HSSI ( High speed Serial interface ) dan X.21.

0 komentar: