Pengertian Bandwidth

1.2.09 endahrika 0 Comments

Bandwidth adalah luas cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi. Bandwidth yang dimaksud sebagai perbedaan antara komponen sinyal frekuensi tinggi dengan sinyal frekuensi rendah. Sinyal suara tipikal mempunyai bandwidth sekitar 3 kHz, analog TV broadcast (TV) mempunyai Bandwidth sekitar 6 MHz. Bandwidth dapat diartikan juga sebagai ukuran jarak frekuensi atau sebuah ukuran jalan data yang masuk dan yang keluar. Habisnya bandwidth ditentukan oleh seberapa banyak kita mengupload atau mendownload. Semakin banyak kita mengakses, maka makin berkurang besar bandwidth yang ada.
Misal, dalam sebulan http://www.namasitus.com mendapatkan jatah bandwidth sebesar 1,5 giga. Sejak bulan Desember jatah Bandwidth yang diberikan dirasa kurang. Ketika bulan desember, jatah Bandwidth yang diberikan telah habis sehari sebelum tahun baru tiba. Kejadian seperti itu terjadi berturut-turut dari bulan januari hingga bulan april habis dalam 3 minggu. Sehingga dalam seminggu terakhir http://www.namasitus.com tidak dapat diakses.
Bandwidth merupakan suatu frekuensi berbeda antara frekuensi cut-off atas dengan frekuensi cut-off bawah. Frekuensi cut-off adalah nilai frekuensi saat daya daya turun menjadi setengah dari daya inputnya.

0 komentar: